Githa Kartika Kusuma Wardhani | 1A113739
MANUSIA DAN KEINDAHAN
Makna
Keindahan
Pengertian
menurut keindahan Liang Gie dlam bukunya Garis besar estetik
(filsafat keindaha) dalam bahasa inggris yaitu beautiful.
Menurut
cakupan orang-orang membedakana antara keindahan sebagai suatu kualitas abstrak
dan sebagai sebuah benuk tertentu yang indah.
Keindahan
dibedakan dari bebrapa pengertian, adalah sebagai berikut.
Ø Keindahan dalam arti luas
Ø Keindahan dalam estetis murni
Ø Keindahan dalam terbatas dalam hubungannya dengan penglihatan
1.
Keindahan dalam arti luas
mengandung pengertian ide-ide kebaikan misalnya menurut Plato, keindahan adalah
watak yang indah dan hukum yang indah
Menurut
Aristoteles keindahan adalah sebagai sesuatu yang baik juga menyenanngkan.
Menurut
Plotinus mengatakan, keindahan itu tentang ilmu yang indah dan kebajikan yang
indah
Menurut
orang Yunani keindahan itu, pikiran yang indah dan adat kebiasaan yang indah.
Jadi
pengertian keindahan seluas-luasnya adalah sebagai berikut:
a.
Keindahan Seni
b.
Keindahan Alam
c.
Keindahan Moral
d.
Keindahan Intelektual
2.
keindahan dalam arti estetik
murni menyangkut pengalaman estentik seseorang dalam hubungannya dengan segala
sesuatu yang di serapnya.
3.Keindahan dalam arti yangf
terbatas mempunyai arti yang lebih di sempitkan sehingga hanya menyagkut
benda-benda yang dapat diserap dengan penglihatan yakni berupa keindahan bentuk
dan warna.
Jadi
keindahan pada dasarnya adalah sejumlah kualitas pkk tertentu yang terdapat
pada suatu hal. Kualitas yang paling sering bdisebut adalah kesatuan.
Filosofi
seni mengatakan keindahan itu sebgai kesatuan hubungan yang terdapat antara
pencerapa-pencerapan indra kita.
Keindahan
identik dengan kebenaran, keindahan adalah kebenaran, dan kebenaran adalah
keindahan. Kedua-duanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi yaitu mempunyai
daya tarik yang selalu bertambah, yang tidak mendukung kebenaran berarti tidak
indah. Keindahan juga bersifat universal . artinya tidak terikat oleh seera perorangan,
waktu dan tempat, selera mode, kedaerahan atau lokal.
Nilai Estetik
Dalam rangka terori umum
tentang “The Lianh Gie” menjelaskan
bahwa pengertian yang dianggap sebagai salah satu jenis nilai seperti halnya
niali moral, nilai ekonomi, nilai pendidikan, dan sebagainya. Nilai yang
berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam pengertian keindahan
disebut nilai estentik.
Dalam bidang filsafat, istilah
sering kalin dipakai sebagai kata benda abstrak yang berarti keberhargaan (wort)
atau kebaikan (goodness)
Dalam
“dictionary of sociology and relate ecience” diberikan rumusan tentang nilai
sebagai berikut.. kemampuan yang dianggap ada pada suatu benda yang dapat
memuaskan keinginan manusia, sifat suatu benda yang menarik minat seseorang
atau suatu kelompok.
Hal itu
berati nilai adalah :semata-mat reealita
psikologi yang harus dibedakan secara tegas dari kegunaan karena terdapat dalam jiwa manusia dan bukan
pada bendanya itu sendiri. Nilai itu (oleh orang) dianggap terdapat pada suatu
benda sampai terbukti kebenarannya.
Nilai
dibedakan antyara lain subyektif dan nilai obyektif atau yang membedakan nilai
perseorangan dan nilai kemasyarakatan. Tetapi penggolongan yang penting adalah
nilai ekstrinsik dan instrinsik. Nilai ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu
benda sebagai alat sarana untuk sesuatu hal lainnya. Yakni nilai yang bersifat
sebagai alat untuk membantu.
Contoh :
puisi, bentuk puisi yqang terdiri dari bahasa, diksi, baris sajak irama.
Tari-tari,
darmawulan-minakjinggo suatu tarian halus dan kasar dengan segala macam jenis
pakaian dan gerak gerik adalah tari perang antara darmawulan dan minak jinggo.
Nilai
intrinsik adalah pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca melalui (alat atau
benda ) . pesan yang disampaikan koleh tanan darmawulan –minak jinggo adallah
kebaikan melawan kejahatan
Apa Sebab Manusia
Mencintai Keindahan
Keindahan
pada dasarnya adalah alamiah. Alam itu ciptaan tuhan. Ini berarti bahwa
keindahan juga ciptaan tuhan. Menurut al-qur`an alam ini sepenuhnya milik alah,
karena allahlah yang menciptakan.
Alamiah
itu artinya wajar, tidak berlebihan, tidak pula kurang. Kalau pelukis wanita
lebih cantik dari keindahan yang sebenarnya, judtru tidak indah. Karena akan
ada ucapan “ lebih cantik ndari warna aslinya”.
Bila ada
sebuah drama, pemakaannya itu berlebih-lebihan
Contoh :
marah dengan meluap-luap padahal kesalahan kecil dan ada seserang kehilangan
barangnya yang tidak berharga, kemudian dia menangis. Itu dinamakan tidak
alamiah.
Jadi kesimpulannya
adalah keindahan berasal dari kata “ Indah”
berati bagus, permai, cantik, molek, dan sebagainya.
Benda yang mengandung keindahan
adalah segala hasil seni dalam alam
semeta ciptaan tuhan. Sangat luas kawasan keindahan bagi manusia.
Keindahan identik dengan kebenaran.
Keduanya mempunyai niali yang sama. Abadi dan mepunyai daya tarik yang selalu
bertambah. Keindahan bersifat universal.sejak abad ke 18 penhgertian keindahan
ini telah dimulai oleh para filosofi. Keindahan dapat dibedakan sebagai suatu
kuaitas abstrak dan sebagai sebuah banda tertentu yang indah.
Keindahan
dalam arti abstrak murni mencakup pengalaman abstrak seseorang dalam hubungan
dengan segala sesuatu yang diserapnya.
Ciri-ciri
keindahan, menytangkut kualitas hakiki dari segala benda yang mengandung
kesatuan, keselarasan, kesetangkupan, keseimbangan, pertentangan. Dari
ciri-ciri itu diambil kesimpulan bahwa keindahan tersusun dari keselarasan dan
pertentangan dari garis warna, bentuk dan kata-kata.
Defenisi
keindahan sangat luas. Karena itu dalam abstetik modern orang lebih suka berbicara tentang
seni dan astetika. Itu merupakan gejala kongkrit yang dapat dikelan dengan
pengalaman secara emperik dan penguraian sistematik daam Al-quran Allah SWT
berfirman.
Dan sesungguhnya
jika kamu tanyakan kepada mereka: "Siapakah yang menciptakan langit dan
bumi?" Tentu mereka akan menjawab: "Allah." Katakanlah :
"Segala puji bagi Allah"; tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui. Kepunyaan Allah-lah apa
yang di langit dan yang di bumi. Sesungguhnya Allah Dia-lah Yang Maha Kaya lagi
Maha Terpuji. .(Q.SLuknan,[31]:25-26)
Bahkan manusia adalah : bagaian alam
itu sendiri, karena Ia ciptakan bermula dari apa yang ada dialam.Allah
mengatakan dalam Al-Qur`an
Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia
berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha
Mengetahui segala sesuatu(Q,S. Al-Baqarah : [2] : 29).
Keindahan Dalam Islam
Imam Al-Ghazali berkata : “Kepunyaan Allah-Lah keindahan, keagungan, dan
kebesaran. Kesempurmaan, kesucian tidal dapat disandangkan dan dibayangkan
kecuali hanya untuk Allah sediri, Yang Maha Esa, Yang Maha Benar yang memilki
keluhuran dan kemuliaan.
Kesempurnaan hanya lah milik Allah sendiri, yang maha suci dari kekurangan
cacat dan cela.
Yang
itu dicintai.........;
Yang indah
secara mutlak hanyaLah dia yang maha esa;
Yang tidak
sekutu bagi-Nya;
Yang Tunggal,
tiada yang menandingi-Nya;
Tempat Bergantung,
tiada yang menantang-Nya;
Yang maha
kaya, yang tidak berkeperluan;
Yang menentu
kan hukum, tiada yang menolak hukum-Nya;
Yang
menetapkan keputusan, tiada yang dapat megugat-Nya;
Yang orang-oraang arif, yang sempurna kearifanNya menggaku tak mampu mengetahuinya;
Yang puncak kenabian para nabi, mengaku tak dapat menyipatnya sebagai
manamestnya, katanya;
“aku tak dapat menghinggakan pujian untuk-Mu sebagaimana Engkau puji
dari-Mu sendiri.
Allah itu ndah, dan diantara keindahan perbuatan-Nya ialah kasih sayang dan kelemah lembutan-Nya,
karena dia memberi tugas yang ringan, tetapi memberi pahala yang banyak,
memberi tempo kepada orang-orang yang
melanggar, agar bertaubat dan penyantun terhadap orang-orang yang berdosa.
Dan
kalau sekiranya Allah, menyiksa manusia karena kesalahan yang diperbuatnya, niscaya tidak ada mahluk yang
bergerak pun yang tinggal dimuka bumi
itu, namun Allah menangguhkan siksa mereka sasampai pada batas masanya yang
telah di tentukan (Q.S Fathir : 45)
Makna Renungan
Renungan berasal dari kata renung. Merenung artinya dengan diam-diam
memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu secara mendalam. Renunagn adalah
hasil merenung .
Orang yang merenungkan setiap kegiatannya/segenap pengetahuannya yang dia
miliki dapat disebut berfilsafat. Tetapi tidak semua orang mampu berpikir
kekilsafan. Dimana kekilsafan mendasarkan diri pada penalaran. Penalarab adalah
prosesd berpikir yang logis dan analitis. Berpikir merupakan kegiatan kegiatan
untuk menyusun pengetahuan yang benar. Sedang analisis adalah kegiatan.
Berpikir berdasarkan langkah-langkah tertentu sehingga pengetahuan yang kita
peroleh disebut pengetahuan-pengetahuan tidak langsung.
Setaip pernah orang merenung. Sudah tentu kadar renungannya satu sama lain
berbed, meski objek yang direnungkan itu tergantung kepada obyek dan subyek
Ada 3 macam pemikiran kefilsafatan
adalah sebagai berikut:
1. menyeluruh, artinya
pemikiran yang luas bukan hanya ditinjau
sudut pandangan tertentu. Tetapi ingin mengetahui ilmu yang satu dengan
ilmu yang lain.
Contoh dengan moral dan seni dan tujuan hidup
2. mendasar, artinya
pemikiran yang dalam sampai kepada hasil yang fundamental.(keluar gejala)
sehingga dapat dujadikan dasar berpijak
bagi segenap bidang keilmuan.
3. spekulatif artinya hasil
pemikiran yang dapat dijadikan dasar untuk pemikiran-pemikiran selanjutnya.
Hasil pemikiran selalu dimaksudkan sebagai dasar untuk menjelajah wilayah
pengetahuan yang baru.
Metafisika adalah cabang filsafat yang paling umum, mendasar dan kritik
spekulatif.
Renungan atau pemikiranyang dibahas dalam modul ini adalah yang berhubungan
dengan keindahan. Tanpa direnungkan hasil seni tidak mencapai keindahan
Renungan atau pemikiran berhubungan
dengan keindahan didasarkan atas 3 macam teri yaitu:
1. teori metafisika, plato
mendalilkan adanya dunia ide para taraf yang tertinggi, sebagai realita illahi
itu.
2. teri pengungkapan, dam
teori ini dikatakan oleh Benedelto Croce. Bahwa seni adalah pengungkapan
kesan-kesan yang dimiliki seserang
3. teori psikolgis,
dinyatakan bahwa proses penciptaan seni adalah pemenuhan keinginan bawah sadar
dari serang seniman.
Dalam proses jiwa seniman pada waktu merenung dalam rangka menciptakan
seni,menurut ke ats menyatakan bahwa, untuk mengatasai rasa ragu-ragu atau
takut yang meledakkan imajinasi, dan imajinasi ini membentuk keindahan.
Konsep keindahan adalah abstrak, knsep itu baru dapat berkbmunikasisetelah
diberi bentuk.
Contoh Geserng bermain di Bengawan Solo, setelah bermain ia merenung, dan
dia pun menemukan konsep keindahan, tetapi konsep keindahan belum
berkomunikasi, setelah diberi benrtuk barulah berkomunikasi, yaitu lagu-lagu
“Bengawan Solo”.
Makna Keserasian
Keserasian berasal dari kata serasi. Serasi dari kata dasar rasi artinya
cock, sesuai atau kena benar. Kata cock , sesuai atau kena mengandun insur
pengertian perpaduan, pertentangan,
ukuran , dan seimbangan.
Contohnya orang berpakaian antar kulit dan warna yang dipakai cocok.
Dalama memadu rumah dan halaman, rumah yang bagus, dengabn halaman yang
luas dan tersusun rapi dengan bunga-bunga yang indah-indah, orang akan memuji
keserasian itu, tetapi sebaliknya, rumah yang bagus, yang tidak mempunyai halaman
tentu orang akan mengatakan “sayang” jadi dalam memadu rumah dan halaman ada
unsur ukuran-ukuran yang seimbang.
Dalam berpakain sangat diutamakan keserasian warna dan bentuk serta
potongasn tubuh,. Ada pria dan ada wanita yang dapat kita kagumi karena
kecantikan /ketampanan pria /waniata yang se4dang duduk, setiap orang yan g
melihatnya terheran-heran melihat wajahnya hampir semua mata memandang kearah
wanita atau pria yang dikagumi itu. Tetapi setelah berdiri, semua orang
mengeluh “sayang”, tinggi orang itu tidak sesuai dengan harapan kita, ternyata
terlalu pendek, hal seperti ini juga menyatakan ukuran,.
Karena itu dalam hal keindahan, sebagian besar ahli pikir, menjelaskan
bahwa keindahan pada dasarnya adalah sejumlah kualita/pokok tertentu yang terdapat
pada suatu hal. Kualitas yang paling sering disebut adalah kesatuan,
keselarasan, keseimbanagn dan pertentangan.
Keserasian identik dengan keindahan . sesuatu yang serasi tentu tampak
indah dan yang tidak serasi tidak indah dilihat. Karena itu, sebagian ahli
pikir berpendapat bahwa keindahan adalah sejumlah kualitas pokok tertentu yang
terdapat [pada suatu hal.
Dalam keserlarasan itu seseorang memiliki perasaan seimbang dan tenang, dan
juga mempunyai cita rasa akan sesuatu yang berakhir dan merasa hidup sesaat
ditengah-tengah, kesempurnaan yang menyenangkan hati dan ingin
memperpanjangnya.
Keindahan sangat erat hubungannya dengan keserasian keindahan itu juga ada
hubungan erat dengan seni. Sen ini tidak hanya terdapat dalam keindahan, seni
juga ada diahas dimatematika.
Menurut mahzab Phytagoras yang menciptakan teori pro[porsi iru mengemukakan
bahwa nada-nada yang dikeluarkan oleh seutas sinar tergantung dari
panjang-pendeknya sinar.
Dalam seni ada 6 azas
1.
kesatuan total
2.
tema
3.
tema variasi
4.
keseimbangan
5.
perkembangan
6.
tata jenjang
matematika
mempunyai peran penting dalam seni, terutama dalam cabang seni bangunan, seni
lukis, dan seni musik.
Keserasian
tidak ada hubungannya dengan kemewahan. Sebab keserasian merupakan perpaduan
antara warna, bentuk dan ukuran atau keserasian merupakan pertentangfan antara
nada-nada tinggi rendah , keras lembut, dan panjang pendek. Kadang-kadang
kemewahan menunkang keserasian tetapi tidak selalu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar